Mengatasi masalah laptop gak bisa connect hotspot

Sebagai orang yang salah satu tugasnya adalah menjaga keberlangsungan koneksi Internet, saya sering dibuat sibuk dengan adanya permintaan bantuan agar laptop bisa konek dengan Internet via hotspot. Atau kalau tidak, adanya client yang tadinya koneksi Internetnya normal, tiba-tiba suatu hari memunculkan pesan: Limited or No Connectivity. Pesan yang sama juga kadang keluar pada koneksi via wireless. OK. Hari ini saya putuskan untuk menuliskan pengalaman saya soal workaround masalah ini. Bukan berarti saya selalu berhasil. Pada kenyataannya ada orang yang sampai sekarang laptop-nya tetap saja memunculkan pesan itu. 

Saya akan urutkan kemungkinan pemecahan masalah “tidak bisa nyambungnya laptop ke Internet” ini dari yang paling stupid sampai yang paling advanced. Sorry saya bilang stupid, soalnya suka ada saja yang aneh-aneh.

Kemungkinannya-kemungkinannya adalah sebagai berikut :

  1. Tidak ada perangkat wireless
    Ini betul-betul terjadi. Seorang mahasiswi datang ke saya dengan laptop Toshiba yang agak tua, lalu ia minta tolong agar laptopnya bisa nyambung ke Internet. Saya lihat, … gimana bisa nyambung ? Laptopnya tidak punya fasilitas Wifi!
  2. Ada perangkatnya tapi tidak ‘on’
    Cukup banyak yang punya laptop (atau nettop) tapi cukup naif pula untuk menggunakannya. Sebuah Sony VAIO yang entah merek apa dengan pemiliknya datang dan minta supaya bisa “konek ke hotspot”. Ketika saya periksa, ada switch on off untuk Wifi dan masih dalam keadaan off. Jelas saja tidak bisa nyambung!. Banyak bahkan pemilik laptop yang tidak tahu posisi switch itu ada di mana!
  3. Sinyal Wifi lemah
    Ada juga yang tidak tahu bahwa tidak bisa konek itu adalah karena berada di luar jangkauan pemancar, atau berada di tempat yang hanya bisa menangkap sinyal yang lemah. Untuk yang seperti ini biasanya saya beritahu bahwa icon kecil di sebelah kanan bawah itu bisa diklik lalu kita bisa pilih “View Available Wireless Network” dan pilih sinyal yang paling kuat.
  4. Driver Wireless tidak terpasang
    Sebuah laptop / nettop barangkali sudah wifi-ready, tapi kalau driver-nya tidak terpasang, tidak mungkin akan bisa terhubung ke jaringan wireless dan mendapat koneksi Internet. Masuk ke device manager lewat My Computer / Computer, lalu masuk ke hardware. Kalau ada tanda seru pada network adapter, ada kemungkinan salah satu adapter tidak terpasang driver-nya. Saya nulis ini nampaknya agak tercampur antara interface XP dan Vista. Pokoknya harus dipastikan driver-nya terpasang.
  5. Perangkat Built-in Wifi rusak / lemah
    Saya kira ini adalah penyebab kenapa setelah diutak-atik gimanapun, laptop / nettop tidak mau konek dengan jaringan. Switch Wifi sudah on, lampu indikator sudah nyala, driver sudah bener, dan sebagainya. Dari semua yang pernah saya tangani, saya pernah mengalami ini satu kali. Solusinya ? Beli laptop / nettop baru, atau beli Adapter Wifi PCMCIA atau USB.
  6. Unpatched Windows XP SP2
    Ternyata Windows XP SP2 membawa masalah pada koneksi ke jaringan wireless. Untuk itu Microsoft menyediakan patch yang harus dipasang. Di situs tentang ini, dijelaskan overview-nya :
    This update helps resolve an issue on computers running Windows XP Service Pack 2. Programs that connect to IP addresses in the loopback address range may not work as expected and you may receive an error message indicating you cannot establish a connection. After you install this item, you may have to restart your computer.
    Direct URL ini patch ini adalah ini. Bila komputer anda menggunakan Windows XP SP2, segera pasang patch itu! (apakah anda akan tanya gimana saya bisa tahu Windows saya adalah SP2? duh ….. )
  7. Alokasi IP habis
    Ini belum pernah saya alami, atau saya hadapi dari orang-orang yang datang. Saya hanya tuliskan di sini sebagai kemungkinan saja. Operator hotspot barangkali hanya mengalokasikan IP terbatas, sehingga ketika sudah penuh, orang yang mau konek tidak kebagian. Dipaksa terus akan konek juga, tapi akan memunculkan ‘Limited or No Connectivity”.
  8. Registry Glitch
    Ini baru saja saya temukan. Dan jujur, saya belum pernah mengalami atau melakukan ini. Ini untuk Windows XP. Ketik string berikut ini pake Notepad, lalu save dengan nama apapun, tapi ekstension-nya *.reg – Lalu klik file itu, dan ikuti perintah berikutnya. String itu adalah :
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\IPSec]
    “AssumeUDPEncapsulationContextOnSendRule”=dword:00000002
    Tingga copy paste saja dua baris itu ke Notepad. Setelah file itu selesai dieksekusi, komputer harus di restart.
  9. Ethernet Card perlu refresh
    Yang persis saya alami tidak berhubungan dengan koneksi wireless, tapi wired. Ini berlaku untuk komputer yang Ethernet Card-nya on-board atau off board. Kasusnya adalah komputer yang dihubungkan via kabel memunculkan “Limited or no Connectivity” atau kalau pun nyambung tidak mungkin bisa mendapatkan koneksi Internet karena alokasi IP-nya salah / kacau. Mau pake IPCONFIG / RELASE lalu RENEW di DOS pun tidak bisa. Solusinya adalah, kalau Ethernet Card on-board, masuk ke BIOS disable-kan Ethernet, lalu jalankan Windows seperti bisa. Setelah itu, reboot lagi Windows, masuk ke BIOS lagi dan enable kan Ethernet. Stupid it may seem, but it works!
    Kalau Ethernet-nya off-board, ya sama saja prinsipnya. Cabut si Ethernet, lalu jalankan Windows seperti biasa. Lalu matikan komputer. Pasang lagi Ethernet-nya. Nyalakan lagi komputer, dan (kemungkinan besar – semoga) komputer akan bisa nyambung lagi.
    Dengan pengalaman ini saya simpulkan, nampaknya perintah IPCONFIG /release itu tidak benar-benar me-release. Hanya release secara software barangkali. Jadi, Ethernet perlu di release secara fisik!
  10. Turunkan dari 100 ke 10!
    Ini saya alami di wired connection. Kualitas Ethernet card tidak selalu sama. Di bungkusnya mungkin tertulis 10/100 bahkan 10/100/1000.  Tapi pada kenyataannya tidak bisa menangani kecepatan yang tinggi. Yang saya alami adalah, ternyata menurunkan kecepatan dari 100 ke 10 bisa membuat koneksi jadi jalan. Caranya, masuk ke device manager, klik kanan Network Adapters, lalu pilih property. Pilih di salah satu menu-nya yang menunjukkan pilihan 10 atau 100, baik full atau half duplex. Pilih saja 10 full duplex langsung dari default auto detect-nya. Kemungkinan besar berhasil.
  11. Klik kanan lalu repair ?
    OK, ini hampir lupa. Pada tanda di sebelah kanan bawah yang menunjukkan bahwa komputer kita sedang konek ke jaringan kalau di klik kanan, salah satu pilihannya di situ adalah ‘repair’. Pembuat Windows jelas menginginkan kita kalau mengklik itu maka yang tadinya bermasalah akan beres, tapi terus terang saja, dari pengalaman menangani masalah koneksi ke network Saya belum pernah mengalami keberhasilan dengan mengklik itu. Jadi, sebagai sebuah langkah alternatif yang perlu diketahui ya boleh-boleh saja kita sebutkan, tapi ya itu. Pada semua masalah yang saya temui sampai hari ini, mengklik itu seperti hanya basa-basi saja. Sorry.
  12. IPCONFIG / release + renew
    Saya sudah sebut ini sebelumnya tapi belum dieksplisitkan. Kita klik start, lalu pilih run, dan ketik cmd. Lalu ada jendela DOS keluar. Di prompt-nya kita tulis IPCONFIG / release. Setelah itu, tulis lagi IPCONFIG / renew. Ini jelas untuk merefresh koneksi secara software. Sama juga dengan klik kanan repair itu, … saya belum pernah mengalami keberhasilan menangani masalah dengan cara ini. Dugaan saya, ini sebenarnya sama saja dengan klik kanan repair itu, hanya di sini kita melakukannya secara manual dari DOS.
    Dari sebuah situs saya menemukan ada langkah tambahan selain release dan renew. Lengkapnya begini :

    In Command Prompt window, type in following commands, and hit Enter after each one:
    ipconfig /flushdns
    ipconfig /registerdns
    ipconfig /release
    ipconfig /renew
  13. Alokasikan Static IP
    Kebanyakan komputer yang terhubungkan ke hotspot diatur supaya alokasi IPnya otomatis melalui DHCP. Saya tidak tahu, tapi kadang Ethernet (entah wireless atau wired) tidak mau menerima alokasi otomatis itu. Yang pernah saya tangani, katanya sebelumnya komputer ok-ok saja dengan setting itu, tapi kok tanpa diubah apapun sekarang muncul LoNC. Hmmm, apakah ini gejala bahwa si Ethernet mengalami degradasi ? Lebih khusus lagi, saya terus terang belum mengalami ini dengan koneksi wireless, tapi wired. Saya putuskan untuk memberikan IP static. Kalo gitu langkah ini memang harus konsultasi sama yang jaga hotspot, karena mungkin tidak bisa kita lakukan sendiri. Kecuali nebak, pake software IP Sniffer dengan menemukan IP yang kosong, … dan cukup beruntung untuk tahu konfigurasi lainnya, seperti gateway dan dns server.  Tanpa kedua yang terakhir itu, LoNC akan hilang, tapi pengalaman saya menunjukkan koneksi Internet nggak ada sama sekali, he, he … Harus dilengkapi dengan default gateway, dan prefered dan alternate dns server.
  14. Repairing the TCP/IP stack & Winsock
    Ini saya temukan di sini dan terus terang saya belum pernah mencobanya sendiri. Ini saya tuliskan sekalian untuk dokumentasi pribadi saja sekalian. Katanya begini :

    To repair the TCP/IP stack, at the prompt, type…
    netsh int ip reset resetlog.txt
    …and press Enter
    (note the spaces in the command line). The original prompt will
    reappear.
    To reset Winsock entries, at the prompt, type…
    netsh winsock reset catalog
    …and press Enter
    Exit the Command Prompt window and reboot the PC.

    –> Yang dimaksud prompt tentu saja adalah DOS prompt itu.
  15. Di Service Set ke Automatic
    Masih dari link yang sama, ada lagi yang bilang begini :

    Go to “Start > Run”, type services.msc and click OK. In the
    window that opens, scroll down to the DHCP Client service
    and double click it to open its Properties sheet. Check that the
    service is “Started” and that its Startup Type is set to
    “Automatic”.
  16. Vista vs XP
    Saya punya pengalaman yang menunjukkan bahwa Vista ternyata punya kemampuan lebih untuk survive dalam koneksi di jaringan. Pengalaman saya itu sudah saya tuliskan di sini.
  17. Reboot Router / Modem (Update @ 16/2/2009)
    Saya tidak ingin thread ini berkepanjangan. Tidak perlu ada thread ini jilid 3. Pagi ini (16/2/2009) saya menemukan sesuatu lagi di kantor, yaitu ketika banyak orang sekaligus datang menanyakan kenapa laptop-nya menunjukkan LoNC. Semua langkah di atas sudah saya lakukan dan tidak membuahkan hasil. Akhirnya saya putuskan untuk Reboot Router internet-nya. Kebetulan yang saya gunakan adalah Router yang sekaligus Modem ADSL merek SMC tipe 7904WRBA. Hasilnya adalah, semua laptop langsung nyambung! Ini bukan langkah dari sisi user, tapi dari sisi admin. Jadi, memang koneksi internet itu perlu ada pemeliharanya, tidak bisa didiamkan saja terus karena rentan muncul masalah.

8 komentar:

  1. Sedikit membantu. Hasilnya blm tau ni

    BalasHapus
  2. punya saya laptop lenovo,ada tombol switch on off wifi,tapi setelah dalm keadaan on lampu untuk menandakan bahwa sudah bisa conect tidak menyala,dan tetap tidak bia menerima sinyal apapun,seperti hotspot,blouthot
    minta sarannya gan???

    BalasHapus
  3. Gan. Komputer gua sudah conect tapi signalnya tdak muncul. Gmna gan solusinya

    BalasHapus
  4. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    BalasHapus
  5. Bang ane mau tanya ni. Laptop ane pake OS Windows 7, terus ane kalo lagi wifi'an ni jaringan di laptop ane jadi lemot sendiri. Ane tanya temen ane katanya jaringan dia lancar jaya, tapi jaringan ane malah lemot sendiri. Kira-kira ini masalah apa ya?

    BalasHapus